RSS

Pemuda dan Identitas Nasional (IAD, IBD, ISD)


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pemuda adalah sekelompok manusia yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah yang lebih baik agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung. Dewasa ini, tipe pemuda sangat beraneka ragam terutama bila dikaitkan dengan kesempatan pendidikan. Keragaman tersebut pada dasarnya tidak mengakibatkan perbedaan dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda.
Proses kehidupan yang dialami oleh para pemuda Indonesia tiap hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat membawa pengaruh yang besar pula dalam membina sikap untuk dapat hidup di masyarakat.
Kedudukan pemuda dalam masyarakat adalah sebagai makhluk moral dan makhluk sosial. Dalam artian, pemuda sebagai makhluk moral adalah pemuda mempunyai etika yang bisa dijadikan untuk mengoreksi diri sendiri. Sebagai makhluk sosial artinya pemuda tidak dapat berdiri melainkan hidup bersama-sama karena pada dasarnya pemuda itu saling membutuhkan satu sama lain.
Dalam makalah ini akan dijelaskan secara singkat tentang identitas pemuda, pengembangan, masalah, dan potensi generasi muda serta peran pemuda dalam masyarakat.

B.     Tujuan Pembahasan
1.      Pemuda dan Identitas
2.      Pemuda dan Pengembangan Generasi Muda
3.      Masalah dan Potensi Generasi Muda
4.      Peranan Pemuda dalam Masyarakat.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pemuda dan Identitas
                        Pemuda adalah generasi yang dipundaknya dibebani berbagai macam harapan dan tujuan lainnya, hal ini dikarenakan pemuda sebagai generasi penerus yang akan meneruskan berbagai macam cita-cita bangsa dan negara, hal ini pula yang menimbulkan banyaknya permasalahan yang dialami oleh pemuda zaman sekarang, dan jika tidak dapat diatasi secara profesional, pemuda akan kehilangan fungsinya sebagai penerus pembangunan.
                        Pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan negara, bangsa dan agama. Selain itu pemuda/mahasiswa mempunyai peran sebagai pendekar intelektual dan sebagai pendekar sosial bahwa para pemuda selain mempunyai ide-ide atau gagasan yang perlu dikembangkan pemuda juga berperan sebagai perubah negara dan bangsa ini. Oleh karena itu, berbagai potensi positif yang dimiliki generasi muda itu harus dikembangkan dan pembinaannya disesuaikan dengan asas, arah, dan tujuan yang ada.
                        Pemuda merupakan sekolompok orang yang mempunyai semangat dalam tahap pencarian jati diri untuk menjadi generasi penerus bangsa. Sedangkan identitas atau jati diri merupakan sikap atau sifat yang ada dalam diri seseorang. Pada saat usia masih muda biasanya orang mulai melakukan pencarian jati diri atau mengenali identitas dirinya.
                        Dalam tahap pencarian identitas terkadang pemuda masih menemukan kendala.  Adapun faktor utama yang mempengaruhi terbentuknya jati diri pemuda adalah pergaulan. Hal itu dapat dibuktikan dengan melihat media masa, tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa cukup banyak tindak kriminal yang yang diberitakan oleh media masa itu, pelakunya adalah para pemuda. Mulai dari perkelahian antar pelajar, narokoba, dan tindakan asusila lain. Dari contoh tersebut dapat dikatakan bahwa moral pemuda zaman sekarang sudah menurun dibanding pemuda generasi sebelumnya. Pemuda mulai kehilangan jati dirinya karena mereka cenderung ikut-ikutan ke dalam pergaulan yang bebas yang sedang membumi saat ini.
                        Apabila kita melihat penggambaran tentang pemuda seperti diatas, maka  pemuda mempunyai semangat untuk melakukan perubahan yang sangat berpengaruh dalam meneruskan perjuangan bangsa dan agama. Dalam kehidupan nyata pemuda memiliki proses sosialisasi terhadap lingkungan sosialnya yang sangat menentukan untuk perkembangan kemampuan yang dimiliki masing-masing orang.
                        Seorang pemuda harus mampu menseleksi perkembangan dan kemungkinan yang ada, agar para pemuda tidak terjerat dalam kehidupan yang akan menghancurkan cita-cita dan harapannya masing-masing. Proses sosialisasi generasi muda adalah suatu proses yang sangat menentukan kemampuan diri pemuda untuk menyelaraskan diri di tengah-tengah kehidupan masyarakat, melalui proses kematangan dirinya dan belajar pada berbagai media sosialisasi yang ada di masyarakat dan mampu menyeleksi berbagai kemungkinan yang ada sehingga mampu mengendalikan diri dalam hidupnya dan mempunyai motivasi sosial yang tinggi.
                        Ada beberapa solusi agar pemuda tidak kehilangan jati dirinya, yaitu peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mendidik anak-anaknya agar bisa menjadi pemuda yang berguna. Selain itu, pendidikan agama dan akhlak yang mulia juga harus ditanamkan kepada para pemuda agar tidak mudah terpengaruh ke dalam tindakan kemaksiatan.
                        Oleh karena itu, kita sebagai pemuda-pemudi harapan bangsa jangan sampai kehilangan identitas kita. Marilah kita mulai perubahan dari diri kita sendiri agar kita dapat memajukan bangsa ini dan dan kita dapat menjadi pemuda yang bermanfaat bagi agama dan bangsa.
B.    Pemuda dan Pengembangan Generasi Muda
            Pola Dasar Pembinaan dan Pendidikan Generasi Muda ditetapkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan. Maksud dari Pola Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda adalah agar semua pihak yang turut serta dan berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakan suatu pedoman sehingga pelaksanaannya dapat terarah, menyeluruh, dan terpadu serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud.
            Pola Dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda disusun berlandaskan:
1.      Landasan Idiil                         : Pancasila
2.      Landasan Konstitusional        : Undang-undang dasar 1945
3.      Landasan Strategi                   : Garis-garis Besar Haluan Negara
4.      Landasan Histories                 : Sumpah Pemuda dan Proklamasi
5.      Landasan Normatif                 : Tata nilai ditengah masyarakat.
                        Adapun pola dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda dapat dilihat dari berbagai aspek sosial, yaitu:
a.    Sosial Psikologi
b.    Sosial Budaya
c.    Sosial Ekonomi
d.   Sosial Politik.
                                    Sedangkan asas dalam Pengembangan dan Pembinaan Generasi Muda, meliputi:
a.       Asas Edukatif
b.      Asas Persatuan dan Kesatuan
c.       Asas Swakarsa (kemauan)
d.      Asas Keselarasan Terpadu
e.       Asas Pendayagunaan dan Fungsionalisasi.
      Berikut arah dalam Pengembangan dan Pembinaan Generasi Muda dapat ditunjukkan pada keselarasan dan keutuhan antara ketiga sumbu orientasi hidupnya, yaitu:
a.    Orientasi ke atas, yakni kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b.    Orientasi ke dalam, yakni kepada dirinya sendiri.
c.    Orientasi ke luar, yakni kepada lingkungan.
Tujuan dari Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda adalah sebagai berikut:
a.       Memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa
b.      Mewujudkan kader-kader penerus perjuangan bangsa
c.       Melahirkan kader-kader pembangunan nasional dengan angkatan kerja berbudi luhur, dinamis, dan kreatif
d.      Mewujudkan warga Negara Indonesia yang memiliki kreatifitas kebudayaan nasional.
            Dalam hal ini, Pengembangan dan Pembinaan Generasi Muda menyangkut dua pengertian pokok, yaitu:
1.      Generasi muda sebagai subjek pembinaan dan pengembangan, adalah mereka yang telah memiliki bekal dan kemampuan serta landasan untuk mandiri dan keterlibatannya secara fungsional bersama potensi lainnya guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa.
2.      Generasi muda sebagai objek pembinaan dan pengembangan, adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah pertumbuhan potensi dan kemampuan ke tingkat yang optimal dan belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional.
C.    Masalah dan Potensi Generasi Muda
            Masalah pemuda merupakan masalah yang selalu dialami oleh setiap generasi dalam hubungannya dengan generasi yang lebih tua. Masalah yang dialami biasanya berhubungan dengan nilai-nilai dalam masyarakat. Masalah kepemudaan yang lain adalah belum atau kurang mandirinya dalam hal ekonomi dan kurang dewasa dari segi psikologi.
            Berikut permasalahan generasi yang muncul pada saat ini diantaranya adalah:
1.      Menurunnya jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme dikalangan masyarakat termasuk jiwa pemuda.
2.      Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
3.      Kurangnya lapangan kerja atau kesempatan kerja dan tingginya jumlah      pengangguran.
4.      Meningkatnya kenakalan remaja, pergaulan bebas, dan penyalahgunaan narkotika.
5.      Kurangnya gizi yang dapat menghambat pertumbuhan badan dan perkembangan kecerdasan.
6.      Masih banyaknya perkawinan-perkawinan di bawah umur.
7.      Adanya generasi muda yang menderita fisik dan mental.
            Dalam rangka memecahkan permasalahan generasi muda diatas, diperlukan usaha-usaha terpadu, terarah, dan berencana dari seluruh potensi nasional dengan melibatkan generasi muda sebagai subjek pembangunan. Organisasi-organisasi pemuda yang telah berjalan baik merupakan potensi yang siap untuk dilibatkan dalam kegiatan pembangunan nasional.
            Berikut beberapa potensi yang terdapat pada  Generasi Muda yang perlu dikembangkan:
1.     Idealisme dan Daya Kritis
        Secara sosiologis generasi muda itu belum mapan dalam tatanan yang ada, sehingga ia dapat melihat kekurangan dalam tatanan dan secara wajar mampu mencari gagasan baru. Idealisme dan daya kritis perlu dilengkapi landasan rasa tanggung jawab yang seimbang.
2.     Dinamika dan Kreativitas
         Adanya idealisme pada generasi muda, menyebabkan mereka memiliki potensi kedinamisan dan kreativitas, yakni kemampaun dan kesediaan untuk mengadakan perubahan, pembaharuan, dan penyempurnaan kekurangan yang ada ataupun mengemukakan gagasan yang baru.
3.    Keberanian Mengambil Resiko
            Perubahan dan pembaharuan termasuk pembangunan, mengandung resiko dapat meleset, terhambat atau gagal. Namun, mengambil resiko itu diperlukan jika ingin memperoleh kemajuan. Generasi muda dapat dilibatkan pada usaha-usaha yang mengandung resiko. Untuk itu diperlukan kesiapan pengetahuan, perhitungan, dan keterampilan dari generasi muda sehingga mampu memberi kualitas yang baik untuk berani mengambil resiko.


4.    Optimis dan Kegairahan Semangat
            Kegagalan tidak menyebabkan generasi muda patah semangat. Optimisme dan kegairahan semangat yang dimiliki generasi muda merupakan daya pendorong untuk mencoba lebih maju lagi.
5.    Sikap Kemandirian dan Disiplin Murni
            Generasi muda memiliki keinginan untuk selalu mandiri dalam sikap dan tindakannya. Sikap kemandirian itu perlu dilengkapi dengan kesadaran disiplin murni pada dirinya agar mereka dapat menyadari batas-batas yang wajar dan memiliki tenggang rasa.
6.    Terdidik
            Walaupun dengan memperhitungkan faktor putus sekolah, secara menyeluruh baik dalam arti kualitatif maupun dalam arti kuantitatif, generasi muda secara relatif lebih terpelajar karena lebih terbukanya kesempatan belajar dari generasi pendahulunya.
7.    Keanekaragaman dalam Persatuan dan Kesatuan
            Keanekaragaman generasi muda merupakan cermin dari keanekaragaman masyarakat kita. Keanekaragaman tersebut dapat menjadi hambatan jika dihayati secara sempit dan eksklusif. Akan tetapi, keanekaragaman masyarakat Indonesia merupakan potensi dinamis dan kreatif jika ditempatkan dalam kerangka integrasi nasional yang didasarkan pada semangat sumpah pemuda serta kesamaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
8.    Patriotisme dan Nasionalisme
            Pemupukan rasa kebanggaan, kecintaan, dan turut serta memiliki bangsa dan negara dikalangan generasi muda perlu digalakkan karena pada gilirannya akan mempertebal semangat pengabdian dan kesiapan mereka untuk membela dan mempertahankan NKRI dari segala ancaman. Dengan tekad dan semangat ini, generasi muda perlu dilibatkan dalam setiap usaha dan pemantapan ketahanan dan pertahanan nasional.
9.    Sikap Kesatria
            Kemurnian idealisme, keberanian, semangat pengabdian dan pengorbanan serta rasa tanggung jawab sosial yang tinggi adalah unsur-unsur yang perlu dipupuk dan dikembangkan dikalangan generasi muda Indonesia sebagai pembela dan penegak kebenaran dan keadilan bagi masyarakat dan bangsa.
10.  Kemampuan Penguasaan Ilmu dan Teknologi
            Generasi muda dapat berperan secara berdayaguna, dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi bila secara fungsional dapat dikembangkan sebagai Transformator dan Dinamisator terhadap lingkungannya yang lebih terbelakang dalam ilmu dan pendidilkan serta penerapan teknologi, baik yang maju, maupun yang sederhana.

D.    Peran Pemuda dalam Masyarakat
            Peranan pemuda dalam masyarakat terbagi menjadi dua peranan, yaitu:
1.    Peranan pemuda yang didasarkan atas usaha pemuda untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan:
a.          Pemuda meneruskan tradisi dan mendukung tradisi.
b.         Pemuda yang menyesuaikan diri dengan golongan yang berusaha mengubah tradisi.
2.    Peranan pemuda yang menolak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, hal ini bisa dibedakan menjadi:
a.       Jenis pemuda pembangkit, yaitu pengurai atau pembuka kejelasan dari suatu masalah sosial. Contoh: Sastrawan Rendra dan Chairil Anwar pada masanya.
b.      Jenis pemuda nakal, yaitu jenis pemuda yang tidak berniat mengadakan perubahan pada budaya maupun masyarakat tetapi hanya berusaha memperoleh manfaat dari masyarakat dengan tindakan menguntungkan bagi diri sendiri.
c.       Jenis pemuda radikal, yaitu mereka yang berkeinginan besar mengubah masyarakat dan kebudayaan lewat cara-cara radikal dan  revolusioner tanpa memikirkan lebih jauh bagaimana selanjutnya.
            Pemuda merupakan generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa, kader masyarakat, dan kader keluarga. Pemuda selalu diidentikkan dengan perubahan, karena peran pemuda dalam membangun bangsa ini banyak sekali, diantaranya:
a.       Peran pemuda dalam menegakkan keadilan.
b.      Peran pemuda yang menolak kekuasaan.
c.       Pemuda sebagai generasi penerus.
d.      Pemuda sebagai generasi pengganti.
e.       Pemuda sebagai generasi pembaharu.
 Berikut beberapa wujud peran dari generasi muda atau  mahasiswa:  
a. Peranan pemuda/ mahasiswa dalam menegakkan kemerdekaan. Setelah proklamasi pemuda Indonesia membentuk organisasi politik maupun militer.
b. Peran mahasiswa/ pemuda dalam mempelopori orde baru. Terbentuknya Front Pancasila yang melawan PKI dan dari Front Pancasila lahir Kesatuan Aksi Mahasiswa/KAMI. KAMI menjadi pendobrak menuju orde baru. 
 c. Peran pemuda dalam masyarakat
-         Sebagai agent of change, yaitu mengadakan perubahan dalam masyarakat kearah yang lebih baik dan bersifat kemanusiaan.
-         Sebagai agent of development, yaitu melancarkan pembangunan di segala bidang yang bersifat fisik maupun non fisik.
-         Sebagai agent of modernization, yaitu pemuda bertindak sebagai pelopor pembaruan.

     











BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
            Pemuda merupakan sekolompok orang yang mempunyai semangat dalam tahap pencarian jati diri untuk menjadi generasi penerus bangsa, tetapi dalam tahap pencarian identitas teresebut terkadang pemuda masih menemukan kendala.
            Terdapat beberapa aspek, asas, arah, dan tujuan dalam pola pembinaan dan pengembangan pada Generasi Muda.
            Salah satu masalah yang dihadapi generasi muda saat ini adalah kurangnya lapangan kerja dan tingginya angka pengangguran. Tetapi dapat diimbangi dengan potensi generasi muda seperti kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi.
            Peran generasi muda dalam masyarakat bisa dibedakan menjadi dua, yaitu peran pemuda yang didasarkan atas usaha pemuda untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan dan peran pemuda yang menolak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.






0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Neng Ingin Berbagi. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates