RSS

Ilmu Biologi, Fisika, Kimia Ditinjau dari Pengetahuan Barat dan Islam




BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Ilmu alamiah dasar yang mencakup biologi, Fisika dan Kimia, mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dalam proses Islam (Timur) maupun dalam konsep Barat. Diawali dari perkembangan tanpa dasar sampai perkembangan dengan adanya suatu penelitian atu metode ilmiah.
Dalam konsep islam (Timur), semua yang dipikirkan, dikehendaki, dirasakan, dan diyakini membawa manusia kepada pengetahuan dan secara sadar menyusunnya ke dalam system yang disebut ilmu. Tetapi berbeda dengan konsep barat, yang mengelompokkan ilmu itu kepada tiga : (1) Science (ilmu-ilmu kealaman, murni, biologi, fisika, kimia, dan lainnya) (2) Social Sciences (ilmu-ilmu kemasyarakatan yang menyangkut perilaku manusia dalam interaksinya dalam masyarakat) (3) The Humanities (humaniora), ialah ilmu-ilmu kemanusiaan yang menyangkut kesadaran akan perasaan kepribadian dan nilai-nilai yang menyertainya sebagai manusia.

B. Pokok Pembahasan
1.      Perkembangan Ilmu Biologi ditijau dari Pengetahuan
Barat dan Islam
2.      Perkembangan Ilmu Fisika ditijau dari Pengetahuan
Barat dan Islam
3.      Perkembangan Ilmu Kimia ditijau dari Pengetahuan
Barat dan Islam
BAB II
PEMBAHASAN
1.     Ilmu Biologi

1.1  BIOLOGI DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Penemuan dan catatan fosil tidak dapat memberi petunjuk tentang asal mula kehidupan karena fosil – fosil tertua yang pernah ditemukan adaah organisme yang rumit. Anggapan yang kuno di dalam biologi dikemukakan oleh Aristoteles dengan teorinya abiogenesis atau generatio spontanea yang menerapkan bahwa makhluk hidup terjadi begitu saja dari benda mati. Pada pertengahan abad XVII, Leeuwenhoek dengan mikroskop buatannya, berhasil mengamati benda – benda kecil yang aneh dalam setitik air yang diambil dari temat merendam jerami.
Teori abiogenesis tentang asal mula kehidupan tidak mendapat dukungan para ahli, diantaranya, Lazzaro Spallanzani dan Francesco Redi yang berkebangsaan Itali dan Louis Pasteur yang berkebangsaan Perancis berhasil membuktikan kekeliruan teori tersbeut. Kemudian muncullah teori baru yang dianggap telah berdasaran anggaan modern, yaitu teori yang dikenal dengan nama Omne vivum ex ovo dan Omne ovum ex vivo, artinya bahwa makhluk hidup itu berasal dari telur dan semua telur berasal dari makhluk hidup. Dari teori ini dapat disimpukan bahwa kehidupan dapat terjadi hanya karena telah ada kehidupan sebelumnya. Akan tetapi, teori ini belum dapat mejawab pertanyaan asal mula kehidupan yang pertama di bumi ini karena hanya menerangkan perkembangan makhuk hidup selanjutnya.
Pada tahun 1893 Hawold Uray, seorang ahli kimia dari university of Chicago mengmukakan teor Uray. Ia berpendpat bahwa suatu saat atmosfer bumi kaya akan moleku – molekul CH4 (metana)NH 3 (amoniak), serta H2 dalam bentuk gas karena pengaruh aliran listrik halilintar dari radiasi – radiasi sinar kosmos. Unsur-unsur itu kemudian mengadakan reaksi kimia dan membentuk asam amino yang merupakan komponen penting dari protoplasma, sedangkan protoplasmamerupakan substansi dasarsel makhuk hidup. Teori Uray dipandang sebagai dasar konsept tentang terjadinya makhluk hidup menurut biologi modern.

Para ahli lain banyak juga yang mempelajari lapisan bumi serta lainnya untuk mengetahui bagaimana dan kapan timbulnya makhluk hidup yang pertma-tama di bumi ini. Kira-kira 500 juta tahun yang lalu (periode ambium), fosil banyak didapatkan dalam batu endapan, tetapi endapan yang lebih tua dari periode kambium ini hanya megandung sedikit sekali tanda-tanda kehidupan. Tampaknya fosil tertua yang telah ditemukan berasal dari bakteri, sedangkan bermacam-macam organisme hidup lainnya tercatat dalam geologi Pra-kambium. Senyawa imia yang bertalian dengan klorofil terlah ditemukan dalam batua yang telah berumur 1,1 milyar tahun yang lalu. Kenyataan ini menunjukkan bahwa organisme yang berfotosintesis teah lama ada. Diperkirakan pula bahwa makhluk hidup yang pertama merupakan sel sederhana yang menyerupai bakteri dan menyebar banyak di lautan.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kehidupan yang pertama kali muncul dari lautan. Makhluk hidup ini diperkirakan berasal dari gabungan asam amino yang berbentuk dari gas-gas metana (CH4) Hidrogen (H2), amoniak (NH4) serta uap air yang banyak terdapat di atmosfer pada saat permulaan timbulnya kehidupan akibat pengaruh radiasi sinar kosmos, listrik dan hailintar. Adapun Gas oksigen (O2) dan gas karbondioksida (CO2) tidak terdapat pada atmosfer saat ini.Akibat pengaruh lingkungan yang berbeda-beda terbentuk tumbuhan bersel tunggal dan hewan bersel selanjutnya menjadi hewan dan tumbuhan sederhana yang lebih sempurna.
Menurut suatu teori, organisme yang sekarang beraneka ragam merupakan hasil dari proses evolusi kehidupan. Yaitu suatu perubahan kehidupan menjadi bentuk kehidupan lain melalui suatu prose yang perlahan-lahan dan memakan waktu ratusan sampai jutaan tahun. Teori tersebut menyebutkan bahwa organism yang mula-mula ada di dunia berupa organisme bersel tunggal dan organisme ini berasl dari agregasi molekul-molekul yang ada.
1.2  BIOLOGI DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM
Tantangan biologi molekuler terhadap konsep-konsep kemanusiaan tradisional dan agama dari kehidupan manusia perlu dipikirkan secara serius. Jika organisme manusia tidak dapat berpura-pura dikecilkan menjadi suatu gabungan protein dan asam amino, yang hampir tidak dapat dibedakan pada tingkat molekuler dan asam amino dan protein dari organisme-organisme lainnya. Campur tangan genetik dalam permasalahan manusia semakin meningkat. Biologi, sebagai ilmu yang membahas genetika ini memegang peranan penting.Biologi telah mendapatkan tempat istimewa di dunia sains. Lebih penting dari itu, biologi dapat diarahkan untuk menjadi oksioma bagi suatu definisi tentang hakikat manusia.dari suatu teori biologi tampaknya akan menjadi suatu ideologi.
Ada banyak cara untuk mengamati pandangan dunia biologi, misalnya manfaatkan seluruh wacana untuk paradigma genetika evolusioner, membahas palseotologi secara panjang lebar, atau mempertibangkan asumsi-asumsi biologi molekuler secara mendalam. Sekalipun demikian, kekejian intelektual terbesar dalam sejarah biologi hanya dapat ditemukan dalam sosiobiologi. Pada sekitar satu dasawarsa terakhir ini, gagasan-gagasan sosiobiologi, tanpa membuktikan adanya nilai ilmiah yang hakiki, telah berhasil menambahkan kekhawatiran bahwa pengaruh biologi terhadap nilai-nilai manusiawi sudah mencapai proporsi yang membahayakan.
Bahaya yang sesungguhnya akan tiba, jika salah satu dari disiplin biologi mendorong pencarian karakter moral dan penelitian moral, tidak melalui medium idiologis, melainkan dengan mengambil paradigma-paradigma naturalistik yang berakar dalam pandangan dunia biologis. Zaman maupun dalam bidang sejarah manusia, moralitas kini telah jatuh kedalam bidang biologi. Kekuasaan biologis atas moralitas ini merupakan surga bagi kaum determinis.
Pernyataan dari para ahli sosiobiologis mempunyai pengaruh yang berbeda. Mereka dimanfaatkan oleh para pemimpin masyarakat yang terbagi dalam berbagai kelas untuk menegaskan bahwa tata social yang ada sekarang ini harus dipertahankan karena hal itu sudah menjadi hukum alam. Islam tidak mengakui virgo intacta dalam bentuknuya yang dangkal. Dengan kata lain, batasan-batasan moralnya tidak dimulai dan diakhiri dengan selembar kain yang ternoda darah dari selaput dara seorang perawan.Jika demikian, hasil kerja para dukun klinik dan penipu selaput dara akan menertawakannya. Dengan demikian islam secara tegas menolak paradigm biologis sebagai raison d’entre bagi perilaku moral manusia. Al-Qur’an mengemukakan :
Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Q.S. Al-Ahzab : 35 )


Jika semua ini merupakan sebagian besar dari kebaikan utama yang ingin ditanamkan islam pada manusia, jelaslah bahwa tak satu pun dari semua ini digambarkan oleh Al-Qu’an sebagai gender spesifik. Dengan kata lain bukan wanita saja yang harus mempertahankan sosiobiologisnya sementara pria bebas kesana kemari mengumbar insting sosiobiologisnya. Pria pun secara moral harus menjaga perilaku seksualnya seperti halnya wanita.
Dibawah ini ketentuan Al-Qur’an yang menyatakan bahwa memelihara kesucian merupakan kewajiban baik pria maupun wanita:
“Katakanlah kepada kaum lelaki yang beriman bahwa mereka hendaknya menundukkan pandangan matanya dan memelihara kehormatan dirinya. Itulah yang lebih bersih untuk mereka (dan) sesungguhnya Alloh Mahawaspada terhadap apa ang mereka lakukan. Katakanlah kepada perempuan yang beriman agar mereka pun menundukkan pandangan pula dan memelihara anggota kemaluannya.”  (Q.S. An Nuur : 30-31)
Tidak ada ketentuan dalam Al-Qur’an yang menyatakan bahwa pria mempunyai hak istimewa untuk meminta bukti kesucian moral ari wanita. Seorang wanita pun tidak perlu menuntut bukti yang sama dari pihak lelaki. Al-Qur’an menganjurkan terhadap pria dan wanita, saling percaya yang diwujudkan dalam kesucian dan kerendahan hati.

2.     Ilmu Fisika

2.1  FISIKA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Energi mulai dipikirkan ketika manusia mulai mempelajari konsep gerakan. Ternyata energy dapat muncul dalam berbagai bentuk dan dapat berubah bentuk. Sekalipun kelihatannya sederhana, konsep ini baru muncul setelah melalui bermacam-macam perkembangan.
Aristoteles berpendapat bahwa setiap gerakan selalu memerlukan (gaya) yang bekerja terus-menerus untuk mempertahankan gerakannya. Peluru yang mendorongnya. Angapan ini dipahami oleh Aristoteles bahwa peluru tersebut menempatkan udara yang berarus ke belakang sehingga memberikan gaya ekstra. Pendapat Aristoteles ini ternyata salah.

Konsep energi ternyata berkembang, setelah diketahui bahwa materi dapat berubah menjad energy dan begitu pula sebaliknya. Konsep inilah yang membuahkan energy nuklir. Menurut Newton, benda bermasa m mendapat gaya f akan memperoleh percepatan sebesar  a=     f
      M
     Bila gaya f bekerja terus-menerus pada benda tersebut, benda yang bergerak akan semakin besar. Seperti yang dialami oleh benda yang jauh bebas, yang semakin mendekati bumi kecepatan semakin besar. Hukum Newton hanya berlaku pada mekanika klasik, yaitu mekanika yang bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Mekanika inilah yang disebut mekanika relativistik yang diperoleh oleh Albert Einstein.
Dalam mekanika elativistik dinyatakan bahwa massa yang bergerak makin besar bila kecepatan semakin besar. Selain itu, massa dan energi merupakan dua hal yang ekuivalen, sama ekuivalennya antara energi dan kalori. Cahaya merupakan masalah yang masih sulit alam konversi energi. Walaupun energi penyinaran dari matahari yang tak terhingga jatuh dibumi setiap hari, energi ini masih belum dimanfaatkan secara efesien oleh manusia. Hanya tumbuhan yang hijau yang mampu memanfaatkannya secara efesien. Inilah sebabnya cahaya memang sanget menarik perhatian.
Pada tahun 1923 A.H. Compton mempelajari gejala tumbukan antara foton dan elektron, dengan cara menumbuhkan bekas gelombang elektron magnet yang keluar dari bahan radioaktif pada keping berlium. Menurut A.H. Compton, bahwa paket energi gelombang elektro magnetik dapat berfungsi sebagai partikel.

2.2  FISIKA DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM

Ilmu Fisika yang dikenal saat ini tidak berhubungan langsung dengan ilmu apapun dalam klasifikasi ilmu pengetahuan islam tradisional. Akan tetapi, ada tiga bidang utama yang kita kenal sebagai ilmu fisika, yang sangat menarik perhatian kaum muslim dan tujuan melahirkan tujuan besar. Yang pertama adalah optik. Kaum muslim mempunyai perhatian khusus dalam mempelajari optik dan fenomena cahaya.

Puncak kegiatan ilmu ini terjadi pada abad Islam keempat di Kairo oleh Ibnu Al-Haytsam, yang terkenal dengan nama Latinnya Al-Hazen. Al-Hazen menulis kitab Al-Munazhir (Thesaurus optical), salah satu karya paling terkemuka dibidang optik yang menerapkan metode eksperimental untuk mempelajari beberapa fenomena cahaya dan melakukan riset secara rinci tentang refraksi, refraksi dan berbagai jenis cermin termasuk juga cermin hiperbolik.
Dua Abad kemudian di Persia, oleh Quthib Al-Din Asy-Syurazi dan muridnya Kamal Al-Din Al-Farri menjelaskan alasan yang tepat pembentukan pelangi yang disebkan oleh fraksi dan refleksi.
Bidang Fisika kedua yang didalami kaum muslim adalah masalah gerak. Masalah fundamental ini dipersiapkan oleh Galileo untuk menjadi dasar revolusi keilmuan dan kritknya terhadap teori gerak Aristoteles telah dilihat di kalangan islam oleh Ibnu Sina yang mengeukakan gagasan berdasarkan beberapa tulisan filosof kristen sebelumnya, yaitu John Philoponos. Dalam Kritik Ibnu Sina ditemukan perkembangan doktrin baru tentang inklinasi (al-mayl) dan juga gagasan tentang pentingnya momentum.
Bidang Fisika yang dipelajari kaum muslim adalah masalah tentang berat ukuran, serta tradisi Archimedes yang menyangkut penentuan berat spesifik pengukuran berat dan volume. Gagasannya kemudian dikembangkan oleh para fisikawan dan ahli matematika muslim sehingga muncul sejumlah besar karangan mengenai hal ini da yang paling terkenal adalah karangan Al-Biruni serta Al-Khazimi.
3.     Ilmu Kimia

3.1  KIMIA  DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Masyarakat primitif tak dapat mengatasi kekuatan alam yang membawa bencana, seperti wabah penyakit, gempa, banjir dan sebagainya. Akibatnya, sesuatu yang menurut perkiraan mereka merupakan penyebabnya harus dipuja agar bencana itu tidak penting. Pada abad pertengahan, sikap yang demikian itu beralihmenjadi mistik. Para ahli kimia baranggapan bahwa dengan kekuatan gaib, tembaga misalnya dapat diubah menjadi emas. Suatu penemuan pada zaman itu umumnya dapat diterima pada generasi berikutnya sehingga pengetahuan yang mereka peroleh tidak memberikan sumbangan pada ilmu perkembangan ilmu kimia.
Baru pada akhir abad ke-17, ilmu kimia berkembang sebagai ilmu pengetahuan setelah Antonie Lauzent Lavoisier melalui metode yang dikenal sebagai metode ilmiah. Yakni metode dengan pengamatan- pengamatan menghubungkan kenyataan, mengemukakan perkiraan, menguji perkiraan dengan percobaan selanjutnya, dan akhirnya menarik kesimpulan. Dengan hal ini, Lavoisier menyelidiki secara kuantitatif pembakaran zat-zat seperti besi, timah dan sebagainya. Ternyata hasil pembakaran mempunyai massa lebih besar dari pada zat semula, sedangkan tekanan udara dalam tabung tempat pembakaran itu dilaksanakan menjadiberkurang. Ini berarti ada sesuatu dari udara yang bersenyawa dengan zat yang dibakar.
Lavoisier menarik kesimpulan bahwa pada pemabakaran ada suatu zat yang diambil dari udara. Yoseph Pristly, dalam eksperimennya, dengan memusatkan cahaya matahari pada serbuk berwarna merahmendapatkan zat cair abu-abu mengilat (air raksa) dan gas tak berwarna. Berdasarkan penemuan ini, air raksa yang dibakar dengan udara dalam volume tertentu menghasilkan serbuk merah, sedangkan volume udara berkurang sebanyak apa yang didapatkan kembali bila serbuk merah itu dipanaskan. Dari pengamatan tersebut, Lavoisier mengenal adanya suatu zat yang terdapat dalam udara yang bersenyawa dengan air raksa. Zat tersebut oleh Lavoisier disebut oksigen.
Dia menyimpulkan bahwa pembakaran merupakan peristiwa bersenyawa dengan oksigen dari udara. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai berat, mempunyai sifat yang dapat dirasai oleh pancaindra. Batu adalah materi karena memakan ruang, mempunyai berat, dapat dilihat dan diraba. Materi dan energi sangat erat hubungannya. Semua perubahan materi selalu disertai perubahan energi. Besar kecilnya materi dalam suatu benda menentukan besar kecilnya massa benda tersebut.
Salah satu sifat materi yang sering digunakan untuk membedakan dan mengenal berbagai macam materi adalah massa jenisnya, yakni massa materi dibagi volume. Massa jenis tiap-tiap materi adalah khas bagi materi itu. Pembakaran materi dapat mengubah suatu materi menjadi materi lain. Pembakaran kayu bakar selaku materi akan menghasilkan gas, asap, dan abu. Massa kayu bakar dan oksigen yang menyertai pembakaran tersebut adalah sama dengan massa gas, asap, dan abu hasil pembakaran tersebut. Kenyataan ini dikenal sebagai hukum kekekalan materi untk hukum kekekalan massa.

Pada dasarnya hasil ilmu pengetahuan alam memang bersifat netral, tetapi pemanfaatannya yang tidak terarah dan tidak terkendali oleh nilai-nilai kemanusiaan sangat berbahaya. Jadi, perkembangan ilmu pengetahuan alam yang dinamis ini, disamping banyak  memberikan keuntungan, juga membawa resiko. Agar resiko ditekan sekecil-kecilnya, arah perkembangan ilmu pengetahuan alam harus dilandasi ooleh nilai-nilai kemanusiaan yang luhur.
3.2 KIMIA DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM

Istilah alkimia dan kimia berasal dari bahasa arab, alkimiya. Alkimia adalah ilmu tentang kosmos sekaligus ilmu tentang jiwa dan ilmu tentang material yang juga berhubungan dengan obat-obatan. Dari apek material alkimia itulah kemudian secara beransur-ansur lahir ilmu kimia. Ahli alkimia islam pertama kali adalah jabir ibn hayyan hidup pada abad islam kedua.sejumlah karyanya tentang berbagai sains tetapi khususnya al-kimia. Sosok besar kedua adalah ibn zakaria al-razi.hidup pada abad ketiga islam, berdasarkan pada karya jabir mimisahkan kimia dan alkimia. Dia merumuskan ilmu tentang substansi tampa kepentingan batin, simbolik dan spiritual yang selalu ditekankan dalam al-kimia.
Banyak ahli kimia berikutnya seperti: al Iraqi, al majrithi dan al jaldaki. Dalam kasus apapun alkima islam adalah bidang yang sangat penting untuk memahami berbagai aspek tertentu sains islam maupun psikologi spiritual tertentu atau ilmu tentang jiwa seperti halnya juga aliran-aliran kosmologi tertentu.
Ilmu kimia juga mendapat mendapat perhatian dari al qur an untuk di kembangkan. Manusia dan seluruh lingkungan hidupnya terbentuk dari element-element yang tergabung menjadi sebuah ikatan kimia menurut hukum allah. Ayat berikut mengemukakan kekuatan “PENAWARAN” yang di lakukan tuhan dan memberikan inspirasi kepada para ilmuwan untuk melakukan proses kimiawi dengan campuran berbagai unsur kimia dengan proposi tertentu membuat hal yang mirip dengan itu.
“ Sibghah allah dan siapakah yang lebih baik sibghah-Nya dari pada allah? Dan hanya kepadanya lah kami menyembah. ” ( Q.S Al Baqarah 2:138).
Perhatikan pula bagaimana proses penciptaan manusia yang menjadi titik sentral studi para teolog, filsufuf, dan ilmuwan berabad-abad lamanya.
“Dialah yang menjadikan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukan ajal (kematian )dan ada lagi suatu ajal yang tentukan (untuk berbangkit yang ada pada sisinya yang dia sendirilah memgetahuinya), memberikan kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu).” Q.S.Al-an’am 6:2)
“Mahasuci allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari mereka maupun dari apa yang tidak mereka kethui. ” (Q.S. Yasin 36:36).
Ayat diatas dan ayat-ayat lain yang serupa dalam al qur an mengajak manusia memikirkan dan merenungkan proses penciptaan yang di lakukan allah dengan berbagai konteksnya dan mendorong manusia mengadakan eksperimen serta mengadakan study tentang prubahan kimiawi yang memunculkan substansi baru.
Bagi ahli kimia ini merupakan indikasi yang jelas bahwa campuran unsur tertentu bisa menghasilkan unsure yang baru sama sekali tidak berhubungan dengan unsur-unsur asalnya dalam hal sifat, zat, atau dampak.
Dalam berbagai konteks, Al quran memberikan petunjuk berbagai permasalahan yang dihadapi manusia dan menjadi gudang ilmu pengetahuan. Dengan demikian, dapat menjadi pendorong pembacanya untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam berbagai ilmu pengetahuan termasuk ilmu kimia.
Sejalannya ilmu pengetahuan kita mengenal juga perkembangan tentang ilmu kimia, metode dengan pengamatan-pengamatan, menghubungkan perkiraan, menguji perkiraan dengan percobaan selanjutnya, dan akhirnya menarik kesimpulan.
Alkimia adalah jalan untuk menhubungkan dunia alam pada kekuatan kreatif ilahi yang memerintahkan alam dan mengoperasikannya. Alkimia juga jalan yang menghubungkan manusia baik sebagai pengamat maupun pemain dengan dunia alamiah pada tingkat yang lebih  dalam dibandingkan fisik dan empiric belaka.
Alat yang disebut dengan kimia kadang juga menimbulkan bahaya, sebagaimana dari uraian diatas yang ditinjau  dari segi Islam berupa obat-obatan. Sejalan dengan perkembangan zaman, kimia sangat dibutuhkan dalam dunia industri. Sebagaimana kita perhatikan dalam dunia yang berhubungan dengan industry kimia ini, banyak dalam dunia kerja mengenai PT dan mengenai tekhnik.
Tujuan pembangunan dalam era tinggal landas adalah meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Dengan kata lain manusia Indonesia dibina dari manusia tradisional sehingga mampu menjadi manusia modern. Manusia tradisional ialah manusia yang memiliki kemampuan terbatas sehingga interaksinya sengan lingkungan hidupnya bersifat searah. Ia hanya mengambil yang disediakan oleh lingkungn hidupnya, mash sedikit memanfaatkan segi-segi negative, serta belum mampu mengubah lingkungan hidupnya untuk mempelancar dan mengubah interaksi yang menguntungkan, sehinga kualitas hidupnya bukanlah hasil upaya sendiri, tetapi sebagai suatu yang ditunggu dan diterima sebagai takdir.
Sebaliknya, manusia modern mampu mengoptimalisasi segi-segi positif lingkungan hidupnya, menghidari segi negatifnya, dan mampu mengubah lingkungan hidupnya sehingga interaksi berjalan lebih mudah dan lebih menguntungkan. Manusia modern mampu menciptakan alternative untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan memilih alternative yang paling menguntungkan.
Sementara itu, bersamaan dengan perubahan manusia Indonesia, terjadi pula perubahan dari peran sumber daya alam. Dahulu bahan yang diperoleh dari alam langsung dijual, misalnya minyak mentah, kayu gelondongan, dan rotan gulungan. Akan tetapi dewasa ini bahan yang diperoleh dari alam diproses terlebih dahulu sehingga menjadi penambahan nilai, Sebagai contoh minyak mentah diproses menjadi bensin dan bahan bakar. Proses ini dikenal dengan sebagai proses nilai tambah karena peranan kemampuan manusia merupakan kunci keberhasilan.
Dalam era industrialisasi, diperlukan kemampuan manusia yang lebih unggul. Keunggulan manusia ini diperoleh dari hasil penggunaan akalnya yaitu melalui pengetahuan IPA dan teknologi.
Dengan demikian peran IPA dan teknologi akan meningkat dalam proses industrialisasi yang ada pada akhirnya mampu meningkatkan harkat dan martabat bangsa.
Dalam proses industrialisasi, IPA dan teknologi memegang peran utama atau yang lebih tepat adalah paling menentukan. Barang yang diproduksi harus dapat bersaing dalam pasar bebas. Daya saing ini ditentrukan oleh kesesuaian barang dengan permintaan pasar. Selanjutnya, barang harus dapat bersaing dalam harga dan mutu, selain harus tersedia tepat waktu dan dalam jumlah yang dibutuhkan. Dalam persaingan ini, peranan teknologi menjadi factor yang menentukan sehingga wajarlah bila pengemabangan teknologi harus dilakukan secara sistematis, terarah dan bertahap.
Bab III
PENUTUP
Kesimpulan
Organisme yang sekarang beraneka ragam merupakan hasil dari proses evolusi kehidupan. Yaitu suatu perubahan kehidupan menjadi bentuk kehidupan lain melalui suatu prose yang perlahan-lahan dan memakan waktu ratusan sampai jutaan tahun. Dikatakan bahwa organisme yang mula-mula ada di dunia berupa organisme bersel tunggal dan organisme ini berasl dari agregasi molekul-molekul yang ada. Islam tidak mengakui virgo intacta dalam bentuknuya yang dangkal. Dengan kata lain, batasan-batasan moralnya tidak dimulai dan diakhiri dengan selembar kain yang ternoda darah dari selaput dara seorang perawan.Jika demikian, hasil kerja para dukun klinik dan penipu selaput dara akan menertawakannya. Dengan demikian islam secara tegas menolak paradigm biologis sebagai raison d’entre bagi perilaku moral manusia.
Energi mulai dipikirkan ketika manusia mulai mempelajari konsep gerakan. Ternyata energy dapat muncul dalam berbagai bentuk dan dapat berubah bentuk. Sekalipun kelihatannya sederhana, konsep ini baru muncul setelah melalui bermacam-macam perkembangan. Bidang Fisika yang dipelajari kaum muslim adalah masalah tentang berat ukuran, serta tradisi Archimedes yang menyangkut penentuan berat spesifik pengukuran berat dan volume.
Ilmu kimia berkembang sebagai ilmu pengetahuan setelah Antonie Lauzent Lavoisier melalui metode yang dikenal sebagai metode ilmiah. Yakni metode dengan pengamatan- pengamatan menghubungkan kenyataan, mengemukakan perkiraan, menguji perkiraan dengan percobaan selanjutnya, dan akhirnya menarik kesimpulan. Dengan hal ini, Lavoisier menyelidiki secara kuantitatif pembakaran zat-zat seperti besi, timah dan sebagainya. Alkimia adalah jalan untuk menhubungkan dunia alam pada kekuatan kreatif ilahi yang memerintahkan alam dan mengoperasikannya.
Saran
           Dengan membaca makalah ini, pembaca disarankan agar bisa mengambil manfaat tentang, Perkembangan Ilmu Biologi, Fisika, Kimia, yang ditinjau dari aspek Barat dan Timur (Islam).
Daftar Pustaka
·      Ahmadi, H.A, Supatmo, Ilmu Alamiah Dasar, (Jakarta: PT Rinika Cipta, 1991)
·      Adisusilo, Sutarjo, Problematika perkembangan Ilmu, (Jogyakarta: Yayasan Kanisus, 1983)
·      Hidayat, Bambang, Pengantar Ruang Lingkup IPA, (Solo: UNS, 1983)

2 komentar:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


Unknown mengatakan...

makasih mbak :)

Posting Komentar

Copyright 2009 Neng Ingin Berbagi. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates