RSS

Urgensi IAD, ISD, dan IBD




KATA  PENGANTAR

Bismillahirrohmanirrohim…
Selayaknya  kita  panjatkan  puja  dan  puji  syukur  kehadirat  Allah SWT  karena  hanya  limpahan  rahmat,  taufiq,  serta  hidayah-Nya ,  penulis  dapat  menyelesaikan  tugas    Makalah IAD, ISD dan IBD  yang  membahas  masalah  tentang Urgensi IAD, ISD dan IBD. 
Penulis  berharap  makalah  ini  dapat  menambah  pengetahuan  pembaca  sehingga  pembaca dapat mengetahui bagaimana tata pemerintahan yang baik.
Dalam  kesempatan  ini,  penulis  menyampaikan terima kasih  kepada  Dosen Pengampu  yang telah membimbing kita sehingga kita dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Penulis menyadari bahwa “ tiada gading yang tak retak”, begitu pun dalam penulisan makalah ini. Oleh karena itu, saran dan kritik dari pembaca serta Dosen Pengampu demi penyempurnaan makalah ini sangat diharapkan.
Akhirnya, kepada Allah SWT jualah penulis memohon semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya.


                                                                                                                        Penulis

DAFTAR  ISI
JUDUL  PEMBAHASAN...................................................................................................... ii
KATA  PENGANTAR............................................................................................................ 1
DAFTAR ISI........................................................................................................................... 2
BAB  I : PENDAHULUAN................................................................................................... 3
1.1      Latar Belakang............................................................................................................... 3
BAB II  : PEMBAHSAN........................................................................................................ 4
2.1     Ilmu Alamiah Dasar....................................................................................................... 4
2.2     Tujuan pengajaran Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science)................................... 4
2.3     Ruang lingkup materi Ilmu Alamiah Dasar.................................................................... 4
2.4     Ruang lingkup materi Ilmu Alamiah Dasar (menurut buku IAD,ISD,IBD karya        Drs. Mawardi-Ir. Nur Hidayati )........................................................................................................................ 5
2.5     Ruang lingkup materi IAD (Ilmu Alamiah Dasar  karya Abdullah ali)......................... 5
A. Bab I   : Perkenalan dengan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).............................. 5      
B. Bab II       Ruang Lingkup Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)................................. 6
C. Bab III      IPA dan Perkembangan Teknologi..................................................... 6
D. Bab IV    Dampak Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknoligi terhadap Kehidupan Manusia.................................................................................................... 6
E. Bab V      IPA, Teknologi dan Kelangsungan Hidup Manusia............................ 7
2.6      Latar Belakng Ilmu Sosial Dasar..................................................................................... 8
2.7      Ruang Lingkup Pembahasa Ilmu Sosial Dasar................................................................ 9
2.8      Latar Belakang Ilmu Budaya Dasar ............................................................................... 9
2.9      Tujuan Ilmu Budaya Dasar............................................................................................. 10
2.10  Ruang Lingkup Ilmi Budaya Dasar................................................................................ 11
BAB III  : PENUTUP............................................................................................................. 12
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................................. 13


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang

Manusia sebagai makhluk hidup yang berfikir dengan dibekali rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu inilah yang mendorong untuk mengenal, memahami dan menjelaskan hal yang bersifat Alamiah, Sosial, dan budaya serta manusia berusaha untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Dari dorongan rasa ingin tahu dan usaha untuk memahami masalah menyebabkan manusia dapat mengupulkan pengetahuan.

Pengetahuan yang diperoleh mula-mula terbatas pada hasil pengamatan terhadap gejala alam, masyarakat, dan budaya. Kemudian semakin bertambah dengan pengetahuan yang diperoleh dari hasil pemikiranya.

Selanjutnya dari peningkatan kemampuan daya pikirnya ini. Manusia mampu melakukan segala hal untuk membuktikan dan mencari kebenaran dari suatu hal baik yang bersifat ilmiah, social, dan budaya. Setelah manusia mampu memadukan kemampuanya lahirlah ilmu alamiah, ilmu sosial, dan ilmu budaya yang mantab untuk dikembangkan di kemudian hari esok.

1.2    Rumusan masalah

1)   Apa yang disebut dengan Ilmu Alamiah Dasar itu ?
2)   Apa yang disebut dengan Ilmu Sosial Dasar itu ?
3)   Apa yang disebut dengan Ilmu Budaya Dasar Itu ?
4)   Apa tujuan dari IAD, ISD, dan IBD ?
5)   Meliputi apa aja ruang lingkup IAD, ISD, dan IBD ?






BAB  II
PEMBAHASAN

2.1   ILMU ALAMIAH DASAR

v  Ilmu alamiah dasar merupakan pengetahuan yang mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya saja.

v  Ilmu alamiah dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan teknologi.

v  Kalau menurut saya sendiri adalah agar kita dapat mengetahui seluk beluk alam semesta terutama tentang penciptaan atau asal-usul alam semesta.
2.2 Tujuan pengajaran Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) adalah:
1.      Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam Ilmu pengetahuan alam.
2.      Memberikan wawasan pengetahuan,pengertian, dan apresiasi terhadap objek dan cara pemikiran serta cara-cara pendekatan IPA dan teknologi.
3.      Memberikan bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara pemikiran dalam IPA dan teknologi.
4.      Mengembangkan interaksi yang selaras dan disiplin ilmu eksakta dan non eksakta.
2.3  Ruang lingkup materi Ilmu Alamiah Dasar
1.      Proses perkembangan pola pikir manusia.
a.       Rasa ingin tahu.
b.      Mitos
c.       Mitos pro dan kontra.
d.      Lahirnya IPA modern.
e.       Sikap ilmiyah, metode ilmiah dan langkah-langkah operasional metode ilmiah.
2.      Proses terbentiknya alam semesta dan penghuninya.
a.       Alam semesta.
b.      Terjadinya galaksi.
c.       Terjadinya bumi dan sistem tata surya.
d.      Asal-usul kehidupan.
3.      Perkembangan ilmu biologi,fisika, dan kimia menurut ilmu pengetahuan barat dan modern.
a.       Biologi ditinjau dari pengetahuan barat dan islam.
b.      Fisika ditinjau dari pengetahuan barat dan islam.
c.       Kimia ditinjau dari pengetahuan barat dan islam.
4.      Peranan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan manusia.
a.       Dampak teerhadap kebutuhan pokok manusia.
b.      Dampak terhadap pendayaguaan sumber daya alam dan sumber daya manusia.
c.       Dampak terhadap komunikasi dan transportasi.
d.      Dampak terhadap peningkatan kesehatan.
e.       Dampak terhadap pencapaian kemakmuran.
2.4   Ruang lingkup materi Ilmu Alamiah Dasar (menurut buku IAD,ISD,IBD karya Drs. Mawardi-Ir. Nur Hidayati )

5.      Proses perkembangan pola pikir manusia.
6.      Proses terbentiknya alam semesta dan penghuninya.
7.      Perkembangan ilmu biologi,fisika, dan kimia menurut ilmu pengetahuan barat dan al-qur’an
8.      Teori revolusi dan rekayasa reproduksimenurut ilmu pengetahuan barat dan islam.
9.      Teknologi barat dan masalah lingkungan hidup serta upaya penanggulangannya.
10.  Rahasia kemajuan barat dalam bidang sains dan teknologi.
11.  Peranan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam kehidupan manusia.
2.5  Ruang lingkup materi Ilmu Alamiah Dasar (Ilmu Alamiah Dasar (MKDU) karya Abdullah ali)
 A.  BAB I PERKENALAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
 1. Perkembangan Pikiran Manusia
     a. Sifat unik manusia
     b. Rasa Ingin Tahu
     c. Rasa ingin tahu menyebabkan alam pikiran manusia perkembangan

2. Mitos, Penalaran dan Pengetahuan Pangkal Kelahiran IPA
     a. Mitos
     b. Penalaran Deduktif(Rasionalisme)
     c. Penalaran induktif
     d. Pendekatan ilmiah, kelahiran IPA

3. Metode Ilmiah sebagai ciri IPA
    a. Metode ilmiah
    b. Pengertian IPA
    c. Relativitas IPA
    d. IPA bersifat dinamis


4. IPA dan Perkembangan Daya Abstraksi Manusia
    a. Peranan matematika dan daya abstraksi manusia
    b. Peranan matematika terhadap IPA
    c. IPA kualitatif dan kuantitatif

B. BAB 2 RUANG LINGKUP ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
1. Alam Semesta dan Tata Surya
     a. Teori terbentuknya alam semesta
     b. Teori terbentuknya galaksi dan tata surya
     c. Sistem Tata Surya
2. Bumi
     a. Hipotesis kejadian bumi
     b. Susunan lapisan bumi
     c. Atmosfer, Hidrosfer, dan Lihosfer
     d. Cuaca
3. Asal Mula Kehidupan Di Bumi
     a. Berbagai pendapat tentang asal mula kehidupan
     b. Sejarah perkembangan makhluk hidup
     c. Perbedaan makhluk hidup dengan benda mati
     d. Polusi atau pencemaran


C. BAB 3 IPA DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
1. Peranan IPA dan Teknologi dalam memenuhi kebutuhan MAnusia
     a. Materi dan Energi
     b. Prinsip Pembangkit listrik
     c. Mesin-mesin
     d. Komputer
     e. Manfaat nuklir untuk kesejahteraan amnusia
     f. Komunikasi
2. Perkembangan IPA dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia
     a. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam penyediaan pangan dan sandang serta papan
     b. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam Peningkatan Kesehatan
     c. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam penyediaan energi
     d. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam perkembangan industri
3. Perkembangan IPA dan Teknologi di Berbagai Negara dalam Persfektif sejarah
     a. Perkembangan IPA dan Teknologi di berbagai negara
     b. Permasalahan alih teknologi dari suatu negara ke negara lain
D. BAB 4 DAMPAK PERKEMBGANGAN IPA DAN TEKNOLGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA
1. Dampak teknologi IPA yang Berkenaan dengan kebutuhan pokok
     a. Sandang(pakaian)
     b. Pangan (makanan)
     c. Papan (tempat tinggal)
2. Dampak terhadap pencapaian kemakmuran dan perluasan kemudahan
     a. Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia
     b. Dampak negatif yang menyulitkan pengendalian diri
3. Dampak Teknologi IPA terhadap Sumber Daya Alam
     a. Minyak bumi
     b. Batu Bara
    c. Air
    d. Hutan, Hewan dan ternak
    e. Tanah
    f. Dampak positif dan negatif
4. Dampak Teknologi IPA terhadap Industri
5. Dampak Teknologi IPA terhadap Pendayagunaan Sumber Daya Alam
    a. Dampak positif
    b. Dampak negatif
6. Dampak Teknologi IPA terhadap Transportasi dan Komunikasi
    a. Transportasi
    b. Komunikasi
7. Dampak Teknologi IPA terhadap Peningkatan Kesehatan
    a. Dampak positif dalam upaya manusia memberantas penyakit menular
    b. Dampak negatif secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu
8. Dampak Teknologi IPA terhadap Sumber Daya Manusia
E. BAB 5 IPA, TEKNOLOGI DAN KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA
1. Usaha Mencari Sumber Daya Energi Non-Konvevsional
     a. Energi matahari
     b. Energi panas bumi
     c. Energi angin
     d. Energi pasang surut
     e. Energi biogas
     f. Energi biomassa
2. Usaha manusia untuk melestarikan hidupnya
3. Rangkuman.
Urgensi IAD,IBD,ISD bagi mahasiswa.
Ø  Dengan mempelajari IAD,IBD,ISD diharapkan mahasiswa memiliki kepribadian yang sesuai dengan nialai-nilai luhur bangsa kita di samping memiliki ilmu pengetahuan yang memadai. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat memahami masalah-masalah sosial secara interdisipliner serta mampu mengembsngksn wawasan dan kepekaan terhadap kingkungan sosial.
Ø  Dapat mendorong dan mengembangkan kemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) pada perkembangan diri, ilmu dan profesi pada mahasiswa non eksakta.


2.6    LATAR BELAKANG ILMU SOSIAL DASAR
A.    Ilmu-ilmu sosial
     Telah kita ketahui bahwa sumber semua ilmu pengetahuan adalah Filsafat.Dari filsafat ini kemudian lahirlah tiga cabang ilmu pengetahuan,yaitu :
1.      Ilmu-ilmu alamiah, meliputi: fisika,kimia,astronomi,biologi,botani,dll.
2.      Ilmu-ilmu sosial,meliputi: sosiologi, ekonomi, politik, anthropologi, sejarah, geografi,dll.
3.       Ilmu-ilmu budaya,meliputi: bahasa,agama,kesustraan,kesenian,dll.
Ilmu-ilmu sosial berkembang terus sesuai dengan kebutuhan manusia dalam era pembangunan. Wujud perkembangan ilmu sosial di Indonesia setelah mndapat kemerdekaan  adalah sebagai berikut:
1.      Didirikannya akademik ilmu politik di yogyakarta.
2.      Didirikan pula Balai Perguruan Tinggi Gajah Mada,yaitu Fakultas Sastra dan Fakultas Sosial.
3.      Dididrikan Akademi Kepolisian.
Sesungguhnya latar belakang berdirinya ketiga pendidikan tinggi tersebut lebih ditekankan pada pembentukan lembaga-lembaga pendidikan untk mencetak kader-kader pengisi jabatan tinggi di pemerintah.
B.     Ilmu Pengetahuan Sosial
Dalam dunia pengajaran,ilmu-ilmu sosial telah mengalami perkembangan, sehingga timbullah paham studi sosial.yang dikenal sebagai Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu-ilu sosial yang disederhanakan untuk tujuan0tujuan pendidikan serta pengajaran di sekoah dasar dan menengah. Materi dari berbagai imu sosia di atas akan dijadikan bahan baku bagi pelaksanaan progam pendidikan dan pengajaran di SD dan SMP.
C.     Ilmu Sosial Dasar
      Ilmu Sosial Dasar adalah suatu progam pelajaran baru yang dikembangkan di Perguruan Tinggi. ISD ini dipergunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
      ISD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial kepada para mahasiswa,yang diharapkan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah dalam masyarakat. Dengan demikian,dapat disimpulkan ilmu-ilmu sosial dan ilmuilmu sosial dasar (ISD) tidak terdapat perbedaan yang prinsipil sepanjang menyangkut konsep dasar atau pengetahuan dasar ISD.
Namun upaya-upaya pembangunan yang dilakukan pada saat ini khususnya pada negara-negara sedang berkembang menghadapi tantangan yang bera. Studi-studi yang cermat membuktikan bahwa upaya pembangunan pada abad lalu lebih mudah dibandingkan dengan abad ke-20.
2.7   RUANG LINGKUP PEMBAHASAN
Ada dua masalah yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah Ilmu Sosial Dasar,yaitu:
1.      Adanya berbagai aspek kenyataan yang merupakan suatu masalah sosial.
2.      Adanya berbagai golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri.
Masalah sosial yang dihadapi oleh setiap masyarakat manusia tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya. Hal itu disebabkan perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan dan masyarakatnya,serta keadaan lingkungan alamnya tempat masyarakat itu hidup. Masalah tersebut dapat terwujud sebagai masalah sosial,moral,politik, ekonomi,agama,ataupun masalah lainnya.
2.8  Latar Belakang Ilmu Budaya Dasar
Latar Belakang dari Ilmu Budaya Dasar bermula dari kritik-kritik cendikiawan              ( sarjana pendidikan dan kebudayaan ) mengeni sistem pendidikan kita yang di anggap sebagai warisan dari belanda. Sistem pendidikan tersebut merupakan kelanjutan dari politik balas budi (etische politik) yang diajukan oleh Conrad Theodore Van Deventer. Dan tujuanya adalah menghasilkan tenaga terampil dalam segala hal dan juga keahlian lain demi kelancaran usaha mereka dalam mengeksploitasi kekayaan Negara kita.
Sampai sekarang sistem kita masih tercermin menghasilkan tenaga ahli yang berpengalaman dalam disiplin ilmu tertentu.Seharusnya pendidikan itu diajukan untuk mencetak  kaum cendikiawan dari pada mencetak tenaga yang terampil. Para perguruan tinngi diharapkan bisa menjadi sumber utama bagi pembangunan secara nasional. Dari mereka diharapkan adanya sumbangan ide-ide untuk memecahkan masalah social secara kompleks yang berkaitan satu dengan yang lainya, dan juga dalam masalah budaya. Jadi, kita dituntut untuk mengubah sistem pendidikan sehingga perguruan tinggi Indonesia menghasilkan sarjana yang berkualitas. Ilmu Budaya Dasar diberikan sebagai pelengkap pembentukan sarjana paripurna yang mampu memecahkan paermalahanya yang timbul dalam lingkungan masyarakat.
2.9  Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Tujuan umum Ilmu Budaya Dasar  ialah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan berfikir, baik yang mencakup diri sendiri maupun orang lain dan alam sekitarnya.
Untuk menjangkau tujuan tersebut, Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat :
1.      Menajamkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.
2.      Member kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya.
3.      mengusahakan wahana komunikasi para akademisi kita agar mereka mampu berdialog satu dengan yang lainya.

Ø Dapat diperinci seara singkat bahwa tujuan Ilmu Budaya Dasar  secara keseluruhan adalah :
a)      menjadikan mahasiswa lebih peka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya serta lebih bertanggung jawab.
b)      Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang ada dalam kehidupan dalam masyarakat, hormat-menghormati serta memilki simpati [pada nila-nilai lain yang hidup di masyarakat.
c)      Mengembangkan daya kritis pada persoalan, kemanusiaan, dan daya kebudayaan.
d)     Menambah kemampuan mahasiswa untuk menanggapi nilai-nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan dunia.
e)      Mahasiswa mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun.
f)       Memenuhi tuntutan dari tri dharma perguruan tinggi khususnya darma pendidikan.
2.10  Ruang Lingkup Ilmi Budaya Dasar
Bertolak dari kerangka tujuan, ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar meliputi :
1.      Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya.
2.      Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudanya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat.
Kedua masalah pokok tersebut masih memerlukan penjabaran lebih lanjut yaitu manusia sebagai makhluk budaya. Tema ini akan dikembangkan lebih lanjut dalam beberapa pokok bahasan yaitu :
1.      Latar belakang Ilmu Budaya Dasar.
2.      konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesastraan, seni rupa dan seni music.
3.      Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam agama.
4.      Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam filsafat.
5.      Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam keindahan.
Dari pengembangan di atas tampak orientasi bahwa dalam Ilmu Budaya Dasar tidak terlepas dari masalah-masalah manusia dan kebudayaanya.
Pembahsan di atas pada dasarnya termasuk karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya. Sebagaimana telah dikemukakan, semua pokok bahasan itu ditujukan untuk mendekati maslah yang akan dikaji dalam Ilmu Budaya Dasar. Perwujudan cinta kasih misalnya : terdapa dalam karya sastra, tarian, music, lukisan, patung, dll. Yang semuanya merupakan benda-benda budaya.


BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
ü Ilmu alamiah dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan teknologi.
ü Tujuan dari Ilm Alam Dasar adalah memberikan wawasan pengetahuan,pengertian, dan apresiasi terhadap objek dan cara pemikiran serta cara-cara pendekatan IPA dan teknologi.
ü Ilmu Sosial Dasar digunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
ü Tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah menghasilkan tenaga terampil dalam segala hal dan juga keahlian lain demi kelancaran usaha mereka dalam mengeksploitasi kekayaan Negara kita.














DAFTAR PUSTAKA
Ø  Mawardi, Drs. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar, CV PUSTAKA SETIA, Bandung, 2007.
Ø  Ahmadi, Drs. H.A, Supatmo, Ir. A, Ilmu Alamiah Dasar, PT Rieneka Cipta, Jakarta. 1991
Ø  Ahmadi,Abu.ISD,IAD
Ø  Harsya,W.Bachtiar, Masyarakat dan kebudayaan, Djambatan, Jakarta,1988.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Neng Ingin Berbagi. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates