KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim…
Selayaknya
kita panjatkan puja
dan puji syukur
kehadirat Allah SWT karena
hanya limpahan rahmat,
taufiq, serta hidayah-Nya ,
penulis dapat menyelesaikan
tugas Makalah IAD, ISD dan IBD yang
membahas masalah tentang Urgensi IAD, ISD dan IBD.
Penulis
berharap makalah ini
dapat menambah pengetahuan
pembaca sehingga pembaca dapat mengetahui bagaimana tata
pemerintahan yang baik.
Dalam
kesempatan ini, penulis
menyampaikan terima kasih
kepada Dosen Pengampu yang telah membimbing kita sehingga kita
dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Penulis menyadari bahwa “ tiada gading yang tak
retak”, begitu pun dalam penulisan makalah ini. Oleh karena itu, saran dan
kritik dari pembaca serta Dosen Pengampu demi penyempurnaan makalah ini sangat
diharapkan.
Akhirnya, kepada Allah SWT jualah penulis memohon
semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya.
Penulis
DAFTAR ISI
JUDUL PEMBAHASAN......................................................................................................
ii
KATA PENGANTAR............................................................................................................ 1
DAFTAR
ISI........................................................................................................................... 2
BAB I : PENDAHULUAN................................................................................................... 3
1.1 Latar
Belakang............................................................................................................... 3
BAB
II : PEMBAHSAN........................................................................................................ 4
2.1 Ilmu Alamiah Dasar....................................................................................................... 4
2.2 Tujuan pengajaran Ilmu Alamiah Dasar
(Basic Natural Science)................................... 4
2.3 Ruang lingkup materi Ilmu Alamiah Dasar.................................................................... 4
2.4 Ruang lingkup materi Ilmu Alamiah
Dasar (menurut buku IAD,ISD,IBD karya Drs. Mawardi-Ir. Nur
Hidayati )........................................................................................................................ 5
2.5 Ruang lingkup materi IAD (Ilmu Alamiah Dasar karya Abdullah ali)......................... 5
A. Bab I : Perkenalan dengan Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA).............................. 5
B. Bab II Ruang Lingkup Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)................................. 6
C. Bab III IPA dan Perkembangan Teknologi..................................................... 6
B. Bab II Ruang Lingkup Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)................................. 6
C. Bab III IPA dan Perkembangan Teknologi..................................................... 6
D. Bab IV Dampak
Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknoligi terhadap Kehidupan Manusia.................................................................................................... 6
E. Bab V IPA, Teknologi dan Kelangsungan Hidup
Manusia............................ 7
2.6 Latar Belakng Ilmu Sosial Dasar..................................................................................... 8
2.7 Ruang Lingkup Pembahasa Ilmu Sosial Dasar................................................................ 9
2.8 Latar Belakang Ilmu Budaya Dasar ............................................................................... 9
2.9 Tujuan Ilmu Budaya Dasar............................................................................................. 10
2.10
Ruang Lingkup Ilmi Budaya Dasar................................................................................ 11
BAB
III : PENUTUP............................................................................................................. 12
DAFTAR
PUSTAKA.............................................................................................................. 13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Manusia sebagai makhluk hidup yang
berfikir dengan dibekali rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu inilah yang mendorong
untuk mengenal, memahami dan menjelaskan hal yang bersifat Alamiah, Sosial, dan
budaya serta manusia berusaha untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Dari
dorongan rasa ingin tahu dan usaha untuk memahami masalah menyebabkan manusia
dapat mengupulkan pengetahuan.
Pengetahuan yang diperoleh mula-mula
terbatas pada hasil pengamatan terhadap gejala alam, masyarakat, dan budaya.
Kemudian semakin bertambah dengan pengetahuan yang diperoleh dari hasil
pemikiranya.
Selanjutnya dari peningkatan
kemampuan daya pikirnya ini. Manusia mampu melakukan segala hal untuk membuktikan
dan mencari kebenaran dari suatu hal baik yang bersifat ilmiah, social, dan
budaya. Setelah manusia mampu memadukan kemampuanya lahirlah ilmu alamiah, ilmu
sosial, dan ilmu budaya yang mantab untuk dikembangkan di kemudian hari esok.
1.2
Rumusan masalah
1)
Apa yang disebut dengan Ilmu Alamiah Dasar itu ?
2)
Apa yang disebut dengan Ilmu Sosial Dasar itu ?
3)
Apa yang disebut dengan Ilmu Budaya Dasar Itu ?
4)
Apa tujuan dari IAD, ISD, dan IBD ?
5)
Meliputi apa aja ruang lingkup IAD, ISD, dan IBD ?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
ILMU ALAMIAH DASAR
v Ilmu
alamiah dasar merupakan
pengetahuan yang mengkaji konsep-konsep
dan prinsip-prinsip dasar yang esensial tentang gejala-gejala dalam alam
semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD
hanya saja.
v
Ilmu alamiah dasar merupakan kumpulan pengetahuan
tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan
teknologi.
v
Kalau menurut saya sendiri adalah
agar kita dapat mengetahui seluk beluk alam semesta terutama tentang penciptaan
atau asal-usul alam semesta.
2.2 Tujuan pengajaran Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) adalah:
1. Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam Ilmu
pengetahuan alam.
2. Memberikan wawasan pengetahuan,pengertian, dan apresiasi
terhadap objek dan cara pemikiran serta cara-cara pendekatan IPA dan teknologi.
3. Memberikan bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara
pemikiran dalam IPA dan teknologi.
4. Mengembangkan interaksi yang selaras dan disiplin ilmu
eksakta dan non eksakta.
2.3 Ruang lingkup materi Ilmu Alamiah Dasar
1. Proses perkembangan pola pikir manusia.
a. Rasa ingin tahu.
b. Mitos
c. Mitos pro dan kontra.
d. Lahirnya IPA modern.
e. Sikap ilmiyah, metode ilmiah dan langkah-langkah operasional
metode ilmiah.
2. Proses terbentiknya alam semesta dan penghuninya.
a. Alam semesta.
b. Terjadinya galaksi.
c. Terjadinya bumi dan sistem tata surya.
d. Asal-usul kehidupan.
3. Perkembangan ilmu biologi,fisika, dan kimia menurut ilmu
pengetahuan barat dan modern.
a. Biologi ditinjau dari pengetahuan barat dan islam.
b. Fisika ditinjau dari pengetahuan barat dan islam.
c. Kimia ditinjau dari pengetahuan barat dan islam.
4. Peranan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan manusia.
a. Dampak teerhadap kebutuhan pokok manusia.
b. Dampak terhadap pendayaguaan sumber daya alam dan sumber daya manusia.
d. Dampak terhadap peningkatan kesehatan.
e. Dampak terhadap pencapaian kemakmuran.
2.4 Ruang lingkup materi Ilmu Alamiah Dasar (menurut buku IAD,ISD,IBD karya
Drs. Mawardi-Ir. Nur Hidayati )
5.
Proses perkembangan pola pikir
manusia.
6. Proses terbentiknya alam semesta dan penghuninya.
7. Perkembangan ilmu biologi,fisika, dan kimia menurut ilmu
pengetahuan barat dan al-qur’an
8. Teori revolusi dan rekayasa reproduksimenurut ilmu pengetahuan
barat dan islam.
9. Teknologi barat dan masalah lingkungan hidup serta upaya
penanggulangannya.
10. Rahasia kemajuan barat dalam bidang sains dan teknologi.
11. Peranan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam kehidupan
manusia.
2.5 Ruang lingkup materi Ilmu Alamiah Dasar (Ilmu Alamiah Dasar (MKDU) karya Abdullah ali)
A.
BAB I PERKENALAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
1. Perkembangan Pikiran Manusia
a. Sifat unik manusia
b. Rasa Ingin Tahu
c. Rasa ingin tahu menyebabkan alam pikiran manusia perkembangan
1. Perkembangan Pikiran Manusia
a. Sifat unik manusia
b. Rasa Ingin Tahu
c. Rasa ingin tahu menyebabkan alam pikiran manusia perkembangan
2. Mitos, Penalaran dan Pengetahuan Pangkal Kelahiran IPA
a. Mitos
b. Penalaran Deduktif(Rasionalisme)
c. Penalaran induktif
d. Pendekatan ilmiah, kelahiran IPA
3. Metode Ilmiah sebagai ciri IPA
a. Metode ilmiah
b. Pengertian IPA
c. Relativitas IPA
d. IPA bersifat dinamis
4. IPA dan Perkembangan Daya Abstraksi Manusia
a. Peranan matematika dan daya abstraksi manusia
b. Peranan matematika terhadap IPA
c. IPA kualitatif dan kuantitatif
1. Alam Semesta dan Tata Surya
a. Teori terbentuknya alam semesta
b. Teori terbentuknya galaksi dan tata surya
c. Sistem Tata Surya
2. Bumi
a. Hipotesis kejadian bumi
b. Susunan lapisan bumi
c. Atmosfer, Hidrosfer, dan Lihosfer
d. Cuaca
3. Asal Mula Kehidupan Di Bumi
a. Berbagai pendapat tentang asal mula kehidupan
b. Sejarah perkembangan makhluk hidup
c. Perbedaan makhluk hidup dengan benda mati
d. Polusi atau pencemaran
C. BAB 3 IPA DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
1. Peranan IPA dan Teknologi dalam memenuhi kebutuhan MAnusia
a. Materi dan Energi
b. Prinsip Pembangkit listrik
c. Mesin-mesin
d. Komputer
e. Manfaat nuklir untuk kesejahteraan amnusia
f. Komunikasi
2. Perkembangan IPA dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia
a. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam penyediaan pangan dan sandang serta papan
b. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam Peningkatan Kesehatan
c. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam penyediaan energi
d. Perkembangan IPA dan Teknologi dalam perkembangan industri
3. Perkembangan IPA dan Teknologi di Berbagai Negara dalam Persfektif sejarah
a. Perkembangan IPA dan Teknologi di berbagai negara
b. Permasalahan alih teknologi dari suatu negara ke negara lain
D. BAB 4 DAMPAK PERKEMBGANGAN IPA DAN
TEKNOLGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA
1. Dampak teknologi IPA yang
Berkenaan dengan kebutuhan pokok
a. Sandang(pakaian)
b. Pangan (makanan)
c. Papan (tempat tinggal)
2. Dampak terhadap pencapaian kemakmuran dan perluasan kemudahan a. Sandang(pakaian)
b. Pangan (makanan)
c. Papan (tempat tinggal)
a. Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia
b. Dampak negatif yang menyulitkan pengendalian diri
3. Dampak Teknologi IPA terhadap Sumber Daya Alam
a. Minyak bumi
b. Batu Bara
c. Air
d. Hutan, Hewan dan ternak
e. Tanah
f. Dampak positif dan negatif
4. Dampak Teknologi IPA terhadap Industri
5. Dampak Teknologi IPA terhadap Pendayagunaan Sumber Daya Alam
a. Dampak positif
b. Dampak negatif
6. Dampak Teknologi IPA terhadap Transportasi dan Komunikasi
a. Transportasi
b. Komunikasi
7. Dampak Teknologi IPA terhadap Peningkatan Kesehatan
a. Dampak positif dalam upaya manusia memberantas penyakit menular
b. Dampak negatif secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu
8. Dampak Teknologi IPA terhadap Sumber Daya Manusia
E. BAB 5 IPA, TEKNOLOGI DAN KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA
1. Usaha Mencari Sumber Daya Energi Non-Konvevsional
a. Energi matahari
b. Energi panas bumi
c. Energi angin
d. Energi pasang surut
e. Energi biogas
f. Energi biomassa
2. Usaha manusia untuk melestarikan hidupnya
3. Rangkuman.
Urgensi IAD,IBD,ISD bagi mahasiswa.
Ø Dengan mempelajari IAD,IBD,ISD diharapkan mahasiswa memiliki
kepribadian yang sesuai dengan nialai-nilai luhur bangsa kita di samping
memiliki ilmu pengetahuan yang memadai. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat
memahami masalah-masalah sosial secara interdisipliner serta mampu mengembsngksn
wawasan dan kepekaan terhadap kingkungan sosial.
Ø Dapat mendorong dan mengembangkan kemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar
(Basic Natural Science) pada perkembangan diri, ilmu dan profesi pada mahasiswa
non eksakta.
2.6
LATAR
BELAKANG ILMU SOSIAL DASAR
A. Ilmu-ilmu sosial
Telah kita ketahui bahwa sumber semua ilmu
pengetahuan adalah Filsafat.Dari filsafat ini kemudian lahirlah tiga cabang
ilmu pengetahuan,yaitu :
1. Ilmu-ilmu alamiah, meliputi:
fisika,kimia,astronomi,biologi,botani,dll.
2. Ilmu-ilmu sosial,meliputi: sosiologi,
ekonomi, politik, anthropologi, sejarah, geografi,dll.
3. Ilmu-ilmu budaya,meliputi:
bahasa,agama,kesustraan,kesenian,dll.
Ilmu-ilmu sosial berkembang terus
sesuai dengan kebutuhan manusia dalam era pembangunan. Wujud perkembangan ilmu
sosial di Indonesia setelah mndapat kemerdekaan
adalah sebagai berikut:
1. Didirikannya akademik ilmu politik di
yogyakarta.
2. Didirikan pula Balai Perguruan Tinggi
Gajah Mada,yaitu Fakultas Sastra dan Fakultas Sosial.
3. Dididrikan Akademi Kepolisian.
Sesungguhnya latar belakang
berdirinya ketiga pendidikan tinggi tersebut lebih ditekankan pada pembentukan
lembaga-lembaga pendidikan untk mencetak kader-kader pengisi jabatan tinggi di
pemerintah.
B. Ilmu Pengetahuan Sosial
Dalam dunia pengajaran,ilmu-ilmu
sosial telah mengalami perkembangan, sehingga timbullah paham studi sosial.yang
dikenal sebagai Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu-ilu sosial yang
disederhanakan untuk tujuan0tujuan pendidikan serta pengajaran di sekoah dasar
dan menengah. Materi dari berbagai imu sosia di atas akan dijadikan bahan baku
bagi pelaksanaan progam pendidikan dan pengajaran di SD dan SMP.
C. Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar adalah suatu progam
pelajaran baru yang dikembangkan di Perguruan Tinggi. ISD ini dipergunakan
dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan
masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
ISD memberikan dasar-dasar pengetahuan
sosial kepada para mahasiswa,yang diharapkan cepat tanggap serta mampu
menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah dalam masyarakat. Dengan
demikian,dapat disimpulkan ilmu-ilmu sosial dan ilmuilmu sosial dasar (ISD)
tidak terdapat perbedaan yang prinsipil sepanjang menyangkut konsep dasar atau
pengetahuan dasar ISD.
Namun upaya-upaya pembangunan yang
dilakukan pada saat ini khususnya pada negara-negara sedang berkembang
menghadapi tantangan yang bera. Studi-studi yang cermat membuktikan bahwa upaya
pembangunan pada abad lalu lebih mudah dibandingkan dengan abad ke-20.
2.7
RUANG LINGKUP
PEMBAHASAN
Ada dua masalah yang dapat dipakai
sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata
kuliah Ilmu Sosial Dasar,yaitu:
1. Adanya berbagai aspek kenyataan yang
merupakan suatu masalah sosial.
2. Adanya berbagai golongan dan kesatuan
sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan
serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri.
Masalah sosial yang dihadapi oleh
setiap masyarakat manusia tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya. Hal
itu disebabkan perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan dan
masyarakatnya,serta keadaan lingkungan alamnya tempat masyarakat itu hidup.
Masalah tersebut dapat terwujud sebagai masalah sosial,moral,politik,
ekonomi,agama,ataupun masalah lainnya.
2.8 Latar Belakang Ilmu Budaya Dasar
Latar Belakang dari Ilmu
Budaya Dasar bermula dari kritik-kritik
cendikiawan ( sarjana
pendidikan dan kebudayaan ) mengeni sistem pendidikan kita yang di anggap
sebagai warisan dari belanda. Sistem pendidikan tersebut merupakan kelanjutan
dari politik balas budi (etische politik) yang diajukan oleh Conrad Theodore
Van Deventer. Dan tujuanya adalah menghasilkan tenaga terampil dalam segala hal
dan juga keahlian lain demi kelancaran usaha mereka dalam mengeksploitasi
kekayaan Negara kita.
Sampai sekarang sistem kita masih tercermin
menghasilkan tenaga ahli yang berpengalaman dalam disiplin ilmu tertentu.Seharusnya pendidikan itu diajukan untuk mencetak kaum cendikiawan dari pada mencetak tenaga
yang terampil. Para perguruan tinngi diharapkan bisa menjadi sumber utama bagi
pembangunan secara nasional. Dari mereka diharapkan adanya sumbangan ide-ide
untuk memecahkan masalah social secara kompleks yang berkaitan satu dengan yang
lainya, dan juga dalam masalah budaya. Jadi, kita dituntut untuk mengubah
sistem pendidikan sehingga perguruan tinggi Indonesia menghasilkan sarjana yang
berkualitas. Ilmu Budaya Dasar diberikan sebagai pelengkap pembentukan sarjana
paripurna yang mampu memecahkan paermalahanya yang timbul dalam lingkungan
masyarakat.
2.9 Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Tujuan umum Ilmu
Budaya Dasar
ialah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan
berfikir, baik yang mencakup diri sendiri maupun orang lain dan alam
sekitarnya.
Untuk
menjangkau tujuan tersebut, Ilmu Budaya Dasar
diharapkan dapat :
1. Menajamkan kepekaan mahasiswa terhadap
lingkungan budaya, sehingga mereka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan
yang baru.
2. Member kesempatan kepada mahasiswa untuk
memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya.
3. mengusahakan wahana komunikasi para
akademisi kita agar mereka mampu berdialog satu dengan yang lainya.
Ø Dapat diperinci seara singkat bahwa
tujuan Ilmu Budaya Dasar secara keseluruhan adalah :
a) menjadikan mahasiswa lebih peka terhadap
masalah kemanusiaan dan budaya serta lebih bertanggung jawab.
b) Menyadarkan mahasiswa terhadap
nilai-nilai yang ada dalam kehidupan dalam masyarakat, hormat-menghormati serta
memilki simpati [pada nila-nilai lain yang hidup di masyarakat.
c) Mengembangkan daya kritis pada
persoalan, kemanusiaan, dan daya kebudayaan.
d) Menambah kemampuan mahasiswa untuk
menanggapi nilai-nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan dunia.
e) Mahasiswa mampu memenuhi tuntutan
masyarakat yang sedang membangun.
f) Memenuhi tuntutan dari tri dharma
perguruan tinggi khususnya darma pendidikan.
2.10 Ruang Lingkup Ilmi Budaya Dasar
Bertolak
dari kerangka tujuan, ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar
meliputi :
1. Berbagai aspek kehidupan yang
mengungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan
menggunakan pengetahuan budaya.
2. Hakikat manusia yang satu atau
universal, tetapi beragam perwujudanya dalam kebudayaan setiap zaman dan
tempat.
Kedua masalah pokok tersebut masih memerlukan
penjabaran lebih lanjut yaitu manusia sebagai makhluk budaya. Tema ini akan
dikembangkan lebih lanjut dalam beberapa pokok bahasan yaitu :
1. Latar belakang Ilmu Budaya Dasar.
2. konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesastraan, seni rupa dan seni music.
3. Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam agama.
4. Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam filsafat.
5. Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam keindahan.
Dari pengembangan di atas tampak orientasi bahwa
dalam Ilmu Budaya Dasar tidak
terlepas dari masalah-masalah manusia dan kebudayaanya.
Pembahsan di atas pada dasarnya termasuk karya yang
tercakup dalam pengetahuan budaya. Sebagaimana telah dikemukakan, semua pokok
bahasan itu ditujukan untuk mendekati maslah yang akan dikaji dalam Ilmu Budaya Dasar. Perwujudan cinta
kasih misalnya : terdapa dalam karya sastra, tarian, music, lukisan, patung,
dll. Yang semuanya merupakan benda-benda budaya.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
ü Ilmu alamiah dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar
dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan teknologi.
ü Tujuan
dari Ilm Alam Dasar adalah memberikan wawasan pengetahuan,pengertian,
dan apresiasi terhadap objek dan cara pemikiran serta cara-cara pendekatan IPA
dan teknologi.
ü Ilmu Sosial Dasar digunakan dalam
pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan
masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
ü Tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah
menghasilkan tenaga terampil dalam segala hal dan juga keahlian lain demi
kelancaran usaha mereka dalam mengeksploitasi kekayaan Negara kita.
DAFTAR PUSTAKA
Ø Mawardi, Drs. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu
Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar, CV PUSTAKA SETIA, Bandung, 2007.
Ø Ahmadi, Drs. H.A, Supatmo, Ir. A, Ilmu
Alamiah Dasar, PT Rieneka Cipta, Jakarta. 1991
Ø Ahmadi,Abu.ISD,IAD
Ø Harsya,W.Bachtiar, Masyarakat dan
kebudayaan, Djambatan, Jakarta,1988.
0 komentar:
Posting Komentar